Harga Lutut Kita 200 Juta...

MAWAR TIKUS HYDROPONIC

Jumpa lagi sahabat netizen, setelah sekian lama sibuk dengan aktivitas masing masing seperti bekerja, belajar dan lain sebagainya, sebagian dari kita meninggalkan rumah beberapa waktu sehinnga taman kesayangan bunga krokot (PORTULACA GRANDIFLORA)  atau mawar tikus yang penuh bunga bunga cantik kita terbengkelai, tanaman menjadi merana tidak terurus karena  lupa tidak disirami. membuat tanaman  malas berbunga ataupun tumbuh, layu terkulai lesu bahkan kekeringan mati. ooohhh...

Dengan kasus seperti ini saya mencoba menemukan solusi  supaya tanaman mawar tikus  di kebun kita tetap hidup tumbuh segar dan tentu saja tetap berbunga cantik walaupun kita tinggalkan satu hari, dua hari bahkan satu pekan.

Sebelumnya  saya   membahas tentang bunga krokot. klik bunga-krokot
kali ini saya ingin berbagi pengetahuan  cara menanam   bunga krokot (PORTULACA GRANDIFLORA) atau mouse rose   dengan sistem tanam  hydroponic. kenapa saya memilih dan mencoba menanam portulaca grandiflora dengan hydroponic? kembali semula. karena di sebagian besar dari kita beraktivitas di luar rumah.








Langsung saja ke pembahasan cara menanam mawar tikus dengan sistem hydropponic.
Alat- alat yang diperlukan antara lain
1. spidol permanent.
2. Karton, bisa bungkus bekas susu formula.
3. Gunting
4. Solder ( pematri)
 
Bahan -bahan  yang dibutuhkan antara lain
1. Pralon ukuran 4 inchi
2. Dop ukuran 4 inchi
3. Sambungan pralon leter L ukuran 4 inchi
4. Cup atau gelas bekas minuman mineral
5. Pecahan batu bata merah atau pecahan genting dari tanah liat

Pengerjaan pertama yaitu membuat mal dari karton, karton  dibentuk lingkaran  sesui dengan ukuran bibir cup, bisa dikira-kira 1 cm dari atas, mal sudah siap dipakai sebagai cetakan bulat di pralon,dan setelahn pralon di gambar kita bisa membuat lobang yang sesui cup minuman mineral tersebut dengan solder yang tentu saja sudah di panaskan. Pastikan bahwa bibir cup tidak tenggelam masuk kedalam pralon.

Pengerjaan kedua yaitu menutup sisi pralon dengan dop yang sesui ukuran dan sisi satunya kita tutup dengan sambungan pralon leter L. Pralon siap diisi air dan pastikan tidak ada kebocoran dari sambungan dop ataupun sambungan leter Lnya

Pengerjaan ketiga ini tentang media tanamnya. cup kita lobangi dibagian bawah dan juga samping, besaran lobang cukup semata pucuk solder saja, kira-kira sebesar pangkal lidi.
selesai melobangi cup minuman mineral kita isi cupnya dengan pecahan batu bata merah atau pecahan genting tanah liat.media tanam kita sudah siap dan stek bibit tanaman mawar tikus sudah bisa di selipkan diantara pecaha batu bata atau pecahan genting tadi. Tidak perlu banyak stek cukup 2 atau 3 batang saja, taburi sedikit pupuk organik diatasnya untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Pengerjaan keempat, ini pekerjaan terahkir kita. Masukkan cup cup yang sudah diisi stek tanaman mawar tikus tadi ke lobang pralon.

Kali ini pekerjaan kita selesai dan kita sudah siap beraktivitas kembali tanpa rasa khawatir tanaman mawar tikus kita merana.

GOOD JOB SELAMAT MENCOBA





Comments